ABSTRAK
Kita
paham bahwa membangun bisnis bukan sekedar mengumpulkan uang. Membangun bisnis
adalah menciptakan sistem kehidupan, yaitu kehidupan ekonomi yang lebih baik.
Bisnis juga berarti suatu organisasi yang menjual barang dan jasa kepada
konsumen. Bisnis ponsel, telepon genggam, gadget atau HP adalah salah satu
bisnis yang mempunyai peluang sangat baik dan telah menjamur di masa sekarang
dan mendatang. Karena di Era Globalisasi ini, perkembangan teknologi komunikasi
sudah semakin canggih dan cepat. Melihat peluang bisnis yang sangat menjanjikan
pada penjualan ponsel dan sejenisnya ini, maka Saya menulis tema “Bisnis
Perangkat Alat Komunikasi” pada karya ilmiah kali ini.
Hal
ini wajar karena penggunanya pun semakin bertambah. Hampir setiap lapisan masyarakat
membutuhkan perangkat yang kini bukan lagi gaya hidup, tetapi telah menjadi
kebutuhan. Hasil survey Kompas terbaru di Yogyakarta menunjukkan 74,05%
masyarakat menganggap ponsel sebagai kebutuhan, 19,05% sebagai gaya hidup, dan
masing-masing hanya 3,40% yang mengaku tidak mempunyai dan tidak mengetahui
penggunaan “benda ajaib” itu.
Potensi
pasar ponsel sangat besar, unlimited,
menurut sebagian besar orang. Menurut data Kompas, pada tahun 2003, volume
penjualan alat komunikasi di pasar gelap Indonesia mencapai dua triliun lebih,
bayangkan saja saat ini sudah tigabelas tahun dari tahun tersebut dan
perkembangannya pastilah sangat membludak.
Data belum mencakup voucher dan aksesori sebagai pelengkap menggunakan
ponsel dan sejenisnya.
Dibanding
dengan negara-negara Asia lainnya, peluncuran produk-produk alat komunikasi di
Indonesia ini cukup bombastis. Hal
itu mengingat potensi pasar Indonesia masih didominasi oleh orang awam. Tujuan
karya ilmiah ini adalah untuk memberikan gambaran tentang peluang bisnis pada
Alat Komunikasi.
ISI
Komunikasi
adalah suatu proses penyampaian informasi ( pesan, ide, gagasan ) dari satu
pihak kepada pihak lain. Sedangkan Media Alat Komunikasi adalah alat perantara
yang digunakan dalam penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikate
yang bertujuan untuk efisiensi penyebaran informasi atau pesan tersebut. Alat
komunikasi saat ini beragam, karena teknologi dan alat komunikasi terus
mengalami perkembangan dari dulu hingga sekarang.
Maraknya
bisnis ponsel didukung oleh ketersediaan layanan yang makin berkembang dari
operator kartu dan makin beragamnya pilihan handset
dari manufaktur. Kini ponsel tidak hanya untuk menelpon dan mengirim SMS. Lebih
dari itu, kita dapat menggunakan ponsel untuk semua kebutuhan kita.
..... ( bersambung :D )
REFERENSI
1.
Buku Kiat Sukses
Bisnis Ponsel, karya Was’i Abbas